<< Semua Artikel

Mengenal Profesi Baristan Yang Tengah Ramai Diperdebatkan

Beberapa waktu lalu media sosial dihebohkan dengan perdebatan istilah ‘Baristan’ karena sekilas mirip dengan kata ‘Barista’ yang merupakan profesi ahli meracik minuman kopi. Belakangan ini baru diketahui bahwa ‘Baristan’ merupakan akronim dari ‘Barista Kopi Instan’. Konsep dan istilah ‘Baristan’ nyatanya diperkenalkan oleh produk kopi instan kemasan dari PT Sumber Kopi Prima atau yang lebih dikenal sebagai Caffino, untuk para penikmat kopi di Indonesia.

Dalam sebuah konferensi pers, Ihsan Mulia Putri, selaku CEP PT Sumber Kopi Prima, mengutarakan konsep ‘Baristan’ merupakan cara Caffino untuk mendukung para pecinta kopi agar tetap bisa menikmati secangkir kopi berkualitas premium dengan cara membuatnya sendiri di rumah. Proses membuat secangkir kopi ini pun tidak memerlukan keahlian khusus layaknya Barista pada umumnya.

Semangat ‘Baristan’ yang diusung oleh Caffino juga menjadi solusi bagi pecinta kopi di tengah situasi pandemi yang membatasi ruang gerak untuk pergi ke kafe dan menyeruput secangkir kopi favorit dalam keadaan segar. Tak perlu lagi melangkahkan kaki keluar dari rumah, cukup membuatnya sendiri di rumah dan secangkir kopi berkualitas premium pun siap untuk dinikmati.

“Setiap varian dari Caffino memiliki keunggulan dari cita rasa kopinya yang lebih kuat karena terbuat dari bahan premium yaitu kopi asli dan susu asli. Bahkan untuk yang fanatik dengan cita rasa kopi, varian Caffino Dark Cappucino memiliki tambahan topping granule dari kopi asli. Sehingga dalam setiap sesapan, kopinya akan terasa strong seperti kualitas kopi ala barista di kafe,” ungkap Ihsan.

Dalam kesempatan yang sama, turut hadir juga sosok Barista Profesional Muhammad Aga, Chef Jerry Andrean yang merupakan Juara MasterChef Indonesia Season 7, hingga selebgram yang tengah populer dan juga penikmat kopi Livy Renata. Beberapa waktu lalu Muhammad Aga dan Chef Jerry Andrean sempat berdebat sengit di media sosial perihal profesi ‘Baristan’ ini.

Terlepas dari segala perdebatan ini, keduanya sepakat bahwa kopi merupakan budaya yang sudah mengakar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia dan kerap dinikmati dalam setiap kesempatan. Mereka juga sependapat bahwa sebuah kopi berkualitas harus terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas baik.

“Saya melihat Caffino sudah terjamin dari kualitas bahan dasar kopi dan susunya. Jadi orang awam pun bisa punya pilihan dan cara untuk membuat sendiri kopi yang hasilnya juga enak dan berkualitas,” ujar Aga. “Sama seperti memasak, membuat kopi yang dianggap enak tidak harus selalu dengan metode atau teknik yang rumit. Ada kalanya dengan cara sederhana kita pun bisa membuat sajian kopi yang enak. Misalnya dengan kopi Caffino Dark Cappucino, selama suhu dan takaran airnya tepat dan cara menyeduhnya benar, maka segelas kopi yang dihasilkannya sudah pasti terasa mantap,” tambah Chef Jerry.

Kenikmatan kopi Caffino juga diakui oleh sosok yang tenar di media sosial belakangan ini, Livy Renata. Sosok yang populer karena kepolosan dan gaya hidupnya yang high class ini bahkan mengaku hampir tidak pernah mencicipi kopi instan sepanjang hidupnya. Terbiasa dengan sajian kopi di kafe atau restoran, Livy terkejut ketika pertama kali menyesap kopi Caffino.

“Terus terang Livy jarang banget minum kopi instan, Livy kalau minum kopi itu ya biasanya di kafe. Baru tahu sekarang kalau ternyata kopi instan Caffino rasanya bisa seenak ini. Kayaknya kalau gampang begini, Livy juga bisa nih bikin sendiri dan pasti enak. Maybe next time Livy bakal beneran jadi Baristan,” ungkapnya tertawa.

Keseruan acara tak berhenti sampai disesi bincang-bincang. Aga, Chef Jerry, dan Livy pun turut mendemokan cara mereka menikmati Caffino Dark Cappuccino. Dimulai dari Chef Jerry yang memperagakan betapa mudahnya untuk membuat Caffino varian original yang cukup diseduh dengan air panas. Diikuti dengan Aga yang membuat Ice Shaken Caffino dan tersaji dengan tampilan manis berkat tambahan edible flower di atasnya. Aga dan Chef Jerry pun turut berkolaborasi menyajikan hidangan Ice Biscoff Caffino dengan mencampurkan biskuit spekulos dengan racikan kopi tersebut. Tak ketinggalan Livy juga memperagakan cara favoritnya dalam menikmati kopi, yakni dengan tambahan whipping cream di atasnya.

Caffino sudah memiliki beberapa varian rasa, seperti Kopi Latte Classic, Kopi Latte Mocca, Kopi Latte Choco Hazelnut, Kopi Latte Premium Caffino Bold bagi pecinta rasa kopi yang kuat, dan varian yang terbaru Caffino Dark Cappuccino dengan topping kopi asli. “Kami akan senantiasa untuk terus mengikuti perkembangan zaman agar dapat terus memberikan varian-varian kopi yang lebih menarik bagi konsumen kami dan tentunya dengan cara yang mudah, cukup diseduh saja”, tutup Ihsan mengakhiri acara.

Button Menu Expand